MATURITAS SPIP KECAMATAN PEKALONGAN TIMUR

SPIP MATURITAS

1.1. K/L/D menegakkan integritas dan nilai etika dalam melaksanakan tugas dan fungsi organisasi
Jawaban : B
BUKTI
1. Perda Berakhlak
2. Sosialisasi Berakhlak
3. SK Kode Etik
4. Reward and Punishment

1.2. Tugas dan Jabatan dalam Organisasi dilaksanakan dan diisi oleh SDM yang kompeten
Jawaban : B
BUKTI
1. Perda Anjab/ABK
2. Anjab/ABK 
3. Sosialisasi Anjab/ABK
4. SK Pelantikan Kasubbag Renval+Ijazah+Diklat/Sertifikat
5. Review Anjab/ABK 

1.3.1. Pimpinan K/L/D menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk pencapaian tujuan organisasi
Jawaban : B
BUKTI
1. SK SOTK Kecamatan
2. SK Tim Penilai Kerja
3. Sosialisasi/banner tentang Budaya Kerja
4. Reward and Punishment
5. Foto Apel Pagi
6. Foto Rapat Koordinasi Internal
7. Video ZI

1.3.2. Pimpinan K/L/D mengalokasikan sumber daya untuk penerapan manajemen resiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A Manajemen Resiko
2. Perban BPKP No. 5/ 2021
3. Sosialisasi tentang Perwal 19 A
4. SK Satgas SPIP
5. Review SK Satgas SPIP

1.3.3. Pimpinan K/L/D menggunakan informasi terkait risiko dalam pengambilan keputusan
Jawaban : B
BUKTI
1. Kebijakan tentang arsi/surat
2. Sosialisasi Internal Kearsipan .docx  .pdf
3. Screenshoot PPID
4. Evaluasi PPID ​

1.3.4. Pimpinan K/L/D mendorong penerapan manajemen risiko, melalui penggunaan kinerja penerapan manajemen risiko sebagai indikator penilaian kinerja
Jawaban : B
BUKTI
1. RTP, DPA
2. Sosialisasi RTP
3. Lapkin Triwulanan
4. Screenshoot dilapkin untuk rekomendasi

1.4 Struktur Organisasi dibentuk dalam rangka mendukung pencapaian sasaran strategis organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal SOTK Kecamatan
2. Renstra Kecamatan
3. Probis Kecamatan
4. Sosialisasi Target Renstra
5. Matrik Perbandingan ev RKPD dan Lapkin

1.5 Wewenang dan tanggungjawab diberikan kepada pegawai yang tepat sesuai tingkatannya untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan dalam rangka percepatan pencapaian tujuan organisasi
Jawaban : B
BUKTI
1. Lembar disposisi
2. Perwal SOTK Kecamatan
3. Sosialisasi Penilaian Kinerja
4. SKP 
5. Contoh Rekon, Bendahara pengeluaran/pendapatan

1.6.1. Penerapan kebijakan manajemen dan praktik pembinaan SDM sehingga dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Tim Penilai Kinerja
2. Sosialisasi Penilaian Kinerja
3. Reward and Punishment

1.6.2. Pegawai telah mendapatkan fasilitas untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan terkait manajemen resiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Surat Edaran tentang diklat
3. Usulan Kadis untuk diklat (screenshoot pengusulan diklat di aplikasi sijari)
4. Sosialisasi Sijari
5. Undangan bimtek SPIP

1.6.3. Pegawai memiliki kesadaran terkait manajemen risiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. SKP
3. Sosialisasi SPIP
4. RTP

1.7 Pengawasan APIP telah dapat memberikan nilai tambah pada perbaikan pengendalian organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi SPIP
3. Screenshoot Simwas
4. Rakorwasda

1.8.1. Pimpinan K/L/D menjalin hubungan kerja yang baik (kemitraan) dengan instansi lain terkait dengan upaya pencapaian tujuan organisasi
Jawaban : B
BUKTI
1. Perwal tentang tata hubungan Kerjasama
2. Nota Kesepakatan
3. Sosialisasi program penanganan banjir

1.8.2. Dalam rangka menciptakan hubungan kerja yang baik, K/L/D telah mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko (termasuk implikasi dari transfer risiko) terkait kemitraan
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Rakor antara DPU dengan kemitraan
3. Hubungan dengan kemitraan lain
4. RTP dengan OPD lain

2.1.1. K/L/D telah memiliki Kebijakan Manajemen Risiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi SPIP
3. RTP

2.1.2. "Risiko telah teridentifikasi dan dituangkan dalam register risiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi tentang RTP
3. KK manajemen risiko

2.1.3. Proses manajemen risiko telah melekat pada proses bisnis K/L/D
Jawaban : C
BUKTI
1. RTP
2. Probis
3. Sosialisasi RTP
4. Table Probis, RTP, Renja

2.2.1. Seluruh risiko telah dianalisis dampak dan tingkat keterjadiaanya
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi SPIP
3. KK RTP

2.2.2. K/L/D telah menentukan prioritas risiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi SPIP
3. KK RTP

2.2.3. "K/L/D telah menentukan rencana tindak pengendalian
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi SPIP
3. KK RTP

2.2.4. Tindak pengendalian telah diimplementasikan
Jawaban : C
BUKTI
1. A2 (foto/pdf)
2. Rakorpok

2.2.5. Tindak pengendalian efektif menurunkan risiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. RTP
3. KK RTP

3.1 Pimpinan K/L/D membandingkan tolok ukur kinerja dengan capaian kinerja secara berkala untuk mengatasi hambatan kinerja, menetapkan strategi perbaikan, dan menilai kinerja suatu unit sampai dengan periode tertentu dalam rangka mengawal pencapaian tujuan organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Ev. RKPD
2. Perwal tentang penilaian kinerja
3. Sosialisasi penilaian kinerja

3.2 Pembinaan SDM dilakukan sehingga setiap pegawain dapat memberikan manfaat optimal dalam pencapaian tujuan organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Kebijakan tentang Pembinaan Pegawai
2. Sosialisasi Perwal
3. Pengusulan diklat fungsional

3.3 Pengendalian atas pengelolaan sistem informasi dilakukan untuk memastikan sistem informasi dapat menyajikan data yang akurat dan tepat waktu untuk digunakan oleh pengguna
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal tentang satu data
2. Sosialisasi Perwal satu data
3. Data diimplementasikan untuk kegiatan misalkan pemenuhan air minum 9 Data Satu data disandingkan dengan laporan SPM

3.4 Pengelolaan BMN/D dilakukan untuk menjamin aset tersedia dan dapat digunakan dengan baik oleh pengguna dalam rangka mendukung kinerja organisasi
Jawaban : B
BUKTI
1. Perwal aset (1, 2, 3)
2. Sosialisasi aset
3. KIR/KIB
4. BA Rekon Aset

3.5 Kegiatan pengendalian atas penetapan dan reviu atas indikator dan ukuran kinerja dilakukan untuk menjamin keandalan ukuran dan ketetapan penetapan indikator masing-masing unit secara berjenjang dibandingkan dengan IKU Organisasi
Jawaban : B
BUKTI
1. Renstra
2. Screenshoot indikator dalam DPA
3. Evaluasi RKPD
4. Lapkin (pada jabatan fungsional yang menangani)

3.6 Terdapat pemisahan fungsi sehingga seluruh aspek utama transaksi dan kejadian tidak dikendalikan hanya oleh satu orang
Jawaban : C
BUKTI
1. Perda Pemisahan bendahara penerimaan dan pengeluaran
2. SK bendahara

3.7 Terdapat proses untuk memastikan transaksi dan kejadian penting hanya dapat diotorisasi ketika memenuhi persyaratan dan dilakukan oleh pihak yang memiliki kewenangan
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal Penatausahaan Keuangan
2. Sosialisasi Perwal
3. A2

3.8 Terdapat proses untuk memastikan transaksi telah diklasifikasikan dengan layak dan dikelompokkan dengan benar serta dicatat dengan segera sehingga relevan, bernilai, dan berguna bagi manajemen
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal Penatausahaan Keuangan
2. Sosialisasi Perwal
3. SOP transaksi

3.9 Terdapat pembatasan atas kesempatan dan hak untuk menggunakan, atau memperoleh sumber daya dan mengakses pencatatannya
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal Penatausahaan Keuangan
2. Sosialisasi Perwal
3. SOP transaksi

3.10 Terdapat pertanggungjawaban seseorang atau unit organisasi dalam mengelola sumber daya yang diberikan/dikuasakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal Penatausahaan Keuangan
2. Sosialisasi Perwal
3. SOP transaksi

3.11 Terdapat pengelolaan, pemeliharaan, dan pendokumetasian secara berkala yang mencakup seluruh SPI serta transaksi dan kejadian penting yang dilaksanakan secara lengkap dan akurat untuk memfasilitasi penulusuran transaksi, kejadian, dan informasi terkait
Jawaban : C
BUKTI
1. Perwal 19A
2. Sosialisasi Perwal 19A
3. Screenshoot Simwas

4.1.1. Tersedianya informasi yang relevan untuk kebutuhan internal dan eksternal
Jawaban : C
BUKTI
1. RTP
2. SKK RTP
3. FCP BPKP

4.1.2. Pimpinan K/L/D membangun sistem pengaduan
Jawaban : A
BUKTI
1. SK Pengaduan
2. Sosialisasi SK
3. Screenshoot pengaduan baik di sosmed, website dan kotak pengaduan di depan
4. Rekapan Wadul Aladin
5. Respon pengaduan dari DPUPR

4.1.3. Strategi dan kebijakan manajemen risiko telah dikomunikasikan
Jawaban : B
BUKTI
1. Banner tentang budaya kerja dan anti korupsi

4.1.4. Register risiko dan rencana tindak pengendalian telah dikomunikasikan ke pihak terkait
Jawaban : C
BUKTI
1. RTP
2. FCP
3. Sosialisasi RTP

4.2 Terlaksananya komunikasi yang efektif dengan internal dan eksternal
Jawaban : C
BUKTI
1. Disposisi
2. Nota Dinas ke TPAD
3. Sosialisasi kegiatan ke masyarakat

5.1.1. Pimpinan K/L/D/penanggungjawab program dan kegiatan/penanggungjawab operasional mengevaluasi secara berkala pengendalian intern yang telah dilakukan dalam rangka mencapai tujuan organisasi
Jawaban : C
BUKTI
1. Rakor POK

5.1.2. Proses manajemen risiko telah direviu
Jawaban : C
BUKTI
1. Review SAKIP (LHE SAKIP)
2. RTP
3. KK RTP

5.1.3. Pemantauan/monitoring terhadap risiko telah dilakukan
Jawaban : B
BUKTI
1. RTP
2. KK RTP
3. FCP BPKP

5.2.1. Evaluasi terpisah dilakukan oleh pegawai dengan keahlian tertentu yang diisyaratkan dan dapat melibatkan APIP atau auditor eksternal untuk menilai kinerja sistem pengendalian intern, mengidentifikasi kelemahan pengendalian, menentukan penyebab dari kegagalan aktivitas pengendalian, serta pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan instansi
Jawaban : C
BUKTI
1. Contoh Probity Audit dan review HPS
2. TL atas Probity Audit dan review HPS

5.2.2. Terdapat review independent terhadap proses manajemen risiko
Jawaban : C
BUKTI
1. Laporam triwulan SPIP
2. TL review dari Inspektorat